Cara Mengembalikan File Terhapus di Google Drive | APK-Hebat: Cara Mengembalikan File Terhapus di Google Drive
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan File Terhapus di Google Drive

recover google drive

Cara mengembalikan file Google Drive yang terhapus permanen - Drive adalah alat penyimpanan, sinkronisasi, backup, dan berbagi file online yang sangat populer dengan jutaan pengguna aktif.

Ini memungkinkan kita untuk mengupload file apa pun seperti: foto, video, lagu, dokumen, presentasi, dan sebagainya.

Sementara, Google memberikan jatah gratis kepada semua pengguna sebesar 15 GB, dan kita bebas buat menyimpan data apa saja sesuai limit maksimum yang telah ditentukan.

Seluruh file akan tetap terjaga dengan aman, kecuali kita sendiri yang menghapusnya.

Sedangkan, jika kita berbicara masalah Kehilangan data, itu bisa disebabkan oleh penghapusan yang tidak disengaja atau dokumen yang ditimpa.

Setiap kali kita menghapus beberapa file atau folder dari My Drive, tentu dapat dipulihkan lagi dengan mengakses fitur Trash "Sampah" di bagian kiri panel navigasi.

Semua pengguna Drive sudah pasti tahu apa fungsi dari fitur Trash itu? Seluruh data yang dihapus akan masuk kesana dan kita dapat mengandalkan metode pemulihan Trash jika sewaktu-waktu ingin mengambilnya kembali.

Namun, bagaimana jika data yang ada di folder sampah itu sudah dihapus permanen, adakah cara untuk memulihkannya?

Tentu, kalau Anda tengah mengalami hal seperti ini, jangan khawatir, ikuti saja panduan sederhana tentang cara mengembalikan video atau file berharga apa pun yang terhapus permanen di Google Drive Anda, dan berikut step by step-nya.

Catatan: Ingat! Sejak file yang dihapus dari folder sampah, itu hanya akan bertahan kurang lebih 90 hari di database Drive. Jika lewat, semuanya akan dikosongkan secara penuh / hilang sama sekali dan Anda tidak dapat lagi memulihkannya.

Langkah Pertama

Menghubungi tim spesialis dukungan Drive adalah jalan satu-satunya untuk mengambil kembali file yang sudah dihapus / dikosongkan dari folder sampah.

Administrator dapat memulihkan data Anda yang terhapus dalam 90 hari terakhir. Kunjungi: Administrator Drive.

Login dengan akun gmail Anda > Gulir kebawah, temukan dan klik "Concact Us" > Kemudian masukkan alasan / berikan informasi dasar Anda di kolom "Tell us what you need help with:"

Kamu bisa mengetiknya seperti contoh ini: "Please me recover deleted files permanently" atau terserah Anda menggunakan bahasa Inggris > Lalu tab Next Step.

recover file gd1

Langkah Kedua

Di bagian Confirm issue, ketuk "Permanently deleted my file" > Geser kebawah dan klik Next Step (Lihat gambar).

recover file gd2

Langkah Ketiga

Dengan cara apa Anda ingin dihubungi, ada 2 opsi yang tersedia di contact option. Pilih salah satu: Chat atau Email (Saran kami: pilihlah email) > Masukkan nama Anda > Klik "Recover" (Perhatikan Gambar).

recover file gd3

Langkah Keempat

Terakhir, masukkan tanggal terakhir Anda mengaksesnya > Tab Submit dan selesai.

recover file gd4

Kapan file saya akan dipulihkan?

Setelah kamu berhasil mengirim laporan ke tim dukungan Google, Anda akan menerima pesan yang masuk ke email Anda dalam waktu 1 - 2 hari.

Bunyi pesannya kira-kira seperti ini: "Pemulihan dokumen sekarang selesai. Ketika Anda mendapatkan kesempatan, silakan masuk ke akun Google Drive Anda dan periksa untuk memastikan bahwa Anda memiliki semua yang dibutuhkan."

"Alat kami tidak dapat memilih dan memilah file mana yang akan dipulihkan, tetapi Anda dapat menggunakan bilah pencarian ketika mencoba menemukan file tertentu."

"Jika ada dokumen yang dipulihkan dibagikan dengan pengguna lain, pengaturan berbagi ini mungkin telah hilang dan perlu diterapkan kembali. Terakhir, jika ada sesuatu yang tidak beres, balas email ini untuk memberi tahu kami."

"Dalam proses memulihkan, ternyata menempatkan Anda melebihi batas penyimpanan. Untuk memperbaikinya, kami memberi Anda penyimpanan ekstra 100GB selama 14 hari sehingga Anda masih memiliki cukup penyimpanan di Drive Anda."

Selama waktu ini, kami sangat mendesak Anda untuk pergi melalui Drive Anda dan menghapus item yang tidak dibutuhkan sehingga Anda akan tetap di bawah batas penyimpanan aslinya."

"Harap dicatat bahwa mencapai batas penyimpanan setelah masa pemulihan berakhir, Anda tidak dapat mengunggah file baru atau menerima email apa pun."

Intinya: Setelah menerima pesan ini, semua file yang dihapus di folder sampah sudah dipulihkan kembali.

Jika, batas penyimpanan Anda mencapai batas limit, Kamu akan diberi 100GB tambahan selama 14 hari untuk membackup semua data Anda.

Pilih file penting apa saja yang masih perlukan dan buang yang tidak dibutuhkan / pindahkan ke penyimpanan lain untuk memastikan Drive Anda masih dalam cakupan 15GB free.

Penutup

Drive adalah layanan cloud online gratis yang digunakan oleh banyak orang. Namun, kadang-kadang pengguna secara keliru menghapus file dan menemukan diri mereka tidak dapat memulihkannya kembali.

Untungnya, dalam artikel ini kami telah menunjukkan kepada Anda cara mengembalikan file yang terhapus selamanya di Google Drive dengan meminta bantuan tim dukungan Administrator, dan selamat mencoba.

1 comment for "Cara Mengembalikan File Terhapus di Google Drive"

  1. setelah mendapat balasan email dari google, apa yg harus kita lakukan Min?

    ReplyDelete

Jika ada link yang tidak berfungsi (404 Not Found) silakan beritahu kami dikomentar, Terima Kasih !!!